Kegiatan

RAMADHAN BERBAGI

Ramadhan Berbagi (RAGI)

Rabu 14 Juni 2017, berlangsung acara Ramadhan Berbagi “RAGI” yang merupakan program kerja dari Departemen Sosial Kemasyarakatan Permadani FPIK Unpad yang berkolaborasi dengan lembaga kemahasiswaan yaitu Himaika dan BEM Kema FPIK Unpad. Program kerja RAGI ini merupakan bentuk sinergi antar lembaga kemahasiswaan di FPIK yang sama-sama berusaha untuk menebarkan kebermanfaatan di bulan yang penuh berkah.

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan tiap lembaga kemahasiswaan, kema FPIK serta dekan dan wakil dekan. Adapun sasaran dari Ramadhan Berbagi kali ini ini adalah Panti Asuhan Riyadhul Jannah dan Panti Asuhan Himmatul Ayat. Latar belakang yang menjadikan sasaran Ramadhan Berbagi adalah adik-adik dari panti asuhan adalah karena kita memiliki kewajiban untuk menyantuni mereka sebagaimana yang diterangkan dalam Alqur’an yang berbunyi:

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ
Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan,” dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. (Al-Baqarah: 215)

Ramadhan berbagi ini telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, menariknya pada tahun ini Ramadhan Berbagi dilaksanakan di FPIK Unpad bukan di Panti Asuhan seperti tahun sebelumnya. Hal ini tentunya menjadi moment baik untuk kema FPIK berkumpul dan membangun silaturahim. Acara ini berlangsung khidmat dan melihat dari partisipasi dosen dan Kema FPIK yang datang acara ini terlihat cukup antusias. Selain itu adik-adik panti pun terlihat senang mengikuti rangkaian acara Ragi.

Momentum Ramadhan ini tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baikanya. Pada acara ini dilakukan penyerahan cindera mata pada pihak panti asuhan. Tausiah dari Kang Rai Ikhsan Wiratama pun menjadikan acara ini semakin hidup. Selain itu hiburan marawis dari Permadani membuat acara ini semakin meriah. Pelaksanaan buka bersama berlangsung khidmat, setelah berbuka dilakukan solat berjamaah, makan bersama, muhasabah dan doa. Acara Ramadhan Berbagi bersama adik-adik panti asuhan ditutup dengan Foto bersama.

Upaya peningkatan ukhwah dikalangan mahasiswa FPIK pun didudukung dalam acara Ramadhan Berbagi ini. Setelah foto bersama dan adik-adik panti asuhan pulang, panitia dan kema FPIK melaksanakan shalat tarawih bersama di aula fpik unpad. Salah satu hadist yang termaktub dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ.

“Apabila Ramadhan datang maka pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.”

Bulan yang penuh berkah ini sepatutnya kita pergunakan dengan baik untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Bisa jadi Ramadhan kali ini adlah ramadhan terakhir kita maka dari itu mari bersama-sama meningkatkan kualitas dan kuantitas amal kita salah satunya dengan berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *